Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Kesehatan harus tetap terjaga setiap saat demi kelancaran aktifitas kita sehari-hari. Mengkonsumsi madu bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Banyak yang bilang kalau madu memiliki manfaat yang sangat banyak, bahkan sudah di buktikan oleh orang-orang yang hidup pada zaman sebelum hitungan masehi di mulai. 

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Alasan mengapa madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sebab kandungan nutrisi di dalamnya. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan apa saja sih kandungan dalam madu itu ? Penjelasan ilmiya mengenai madu seperti apa, Anda akan mengetahuinya pada artikel ini. 

Namun sebelum kita menginjak pada kajian ilmiah marilah kita membahas terlebih dahulu mengenai manfaat madu bagi kesehatan yang umumnya kita ketahui, berikut ini penjelasannya : 

1. Menjaga Kadar Air Dalam Kulit 
2. Anti Mikroba/Anibakteri
3. Meningkatkan Daya Tahan 
4. Menurunkan Kolestrol Jahat
5. Mengontrol Obisitas / Menurunkan Berat Badan 
6. Mencegah Kanker
7. Asupan Penting Ibu Hamil
8. Sumber Vitamin Dan Mineral 
9. Meningkatkan Stamina Tubuh 

Cukup banyak bukan manfaat madu bagi kesehatan, Nah sekarang yuk mari kita lihat apa saja sih kandungan Gizi pada 100gram madu. Berikut ini tabelnya : 
kandungan madu bagi kesehatan
Kandungan Gizi Madu dalam 100gr
Sekarang saatnya kita hubungkan secara ilmiyah dari pernyataan manfaat madu untuk kesehatan tubuh kita. Okey mari kita mulai dari poin paling atas hingga selesai. 

Menjaga Kelembaban Kulit - Senyawa humektan terdapat pada madu yang berperan menjaga kadar air dalam kulit sekaligus membuat kulit lebih elastis. Ini alasannya mengapa madu dapat melembabkan kulit kita. Madu juga memiliki nutrisi untuk kulit sehingga kulit menjadi halus. 

Antimikroba (Antisptik Alami) - Madu juga di kenal sebagai penyembuh luka bahkan borok sekalipun. Mengapa demikian ? madu memiliki oksidasi glukosa yang pada kondisi tepat di dalam tubuh kita akan bereaksi menjadi hidrogen peroksida yang merupakan zat antiseptik kuat. Ini alasannya kenapa madu baik bagi kesehatan kita terutama dalam menyembuhkan luka. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh - Saat ini udara dan makanan yang kita konsumsi banyak mengandung oksidan yang buruk untuk kesehatan. Madu mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan. Sehingga cocok untuk menjaga kekbelan tubuh. 

Mengontrol Kolestrol Jahat Dan Kadar Gula Darah - Madu adalah pemanis yang ramah bagi darah karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari pada gula biasa dan hal ini lebih baik karena penyerapannya bertahap. Bagi Anda yang memiliki diabet sebaiknya mengurangi konsumsi gula. Menurut beberapa penelitian madu dapat mengurangi kadar gula darah. 

Baca Juga : 

Madu kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolestrol jahat dalam tubuh) dan meningkatkan kolestrol baik. Kolestrol jahat akan menyumbat saluran darah ke otak sehingga sangat berbahaya karena akan terancam penyakit jantung, strok dan gangguan pembuluh darah. 

Madu Untuk Menurunkan Berat Badan - Benarkah madu dapat menurunkan berat badan ? Jawabannya bisa jadi, sebab madu mengandung vitamin C yang dapat melarutkan lemak untuk di rombak menjadi kalori. Tapi jika mengkonsumsi madu saja tanpa mengntrol pola makan dan tampa olahraga akan percuma dan tidak akan memberikan efek yang positif terhadap berat badan.

Biasanya madu untuk menurunkan berat badan dengan cara di konsumsi dengan air perasa jeruk nipis yang di minum rutin saat pagi hari. 

Madu Mencegah Tumor dan Kanker - Madu memiliki flavonoids dan antioksidan yang mengurangi resko kanker, tidak hanya itu madu juga mengandung karsinogen untuk mencegah berbagai macam tumor.

Asupan Penting Untuk Ibu Hamil - Didalam madu terkandung folat yang sangat di btuhkan oleh ibu hamil, baik usia muda ataupaun hamil usia tua. Folat atau vitamin B9 berguna untuk proses pembentukan janin secara sempurna. Ibu hamil yang kurang asupan folat beresiko kecacatan pada janinnya. Dibaca Juga : Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Namun perlu di perhatikan bahwa beberapa informasi seputar madu untuk bayi ada yang menerangkan tidak di anjurkan. tetapi untuk ibu hamil di persilahkan asal dengan kadar yang normal. 

Sumber Vitamin Dan Mineral - Tidak perlu panjang lebar penjelasannya, karena tebel di atas sudah menjelaskab bahwa madu memiliki banyak vitamin dan mineral. 

Madu Untuk Meningkatkan Stamina - Dikait-kaitkan dengan stamina, mungkin ada benarnya madu dapat memberikan energi yang cukup banyak. Sebab pada madu mengandung karbohidrat dan energi serta vitamin untuk meningkatkkan stamina. Banyak atlit yang mengkonsumsi madu untuk menjaga stamina mereka tetap terjaga,namun sayangnya saya tdak menemukan ulasan ilmiah yang lebih luas. 

Kesimpulan : Manfaat madu telah terbukti dari beberapa penelitian ilmuan dan dari pemikiran logi berdasarkan manfaat dari kandungan nutrisi yang terdapat pada madu. Jadi konsumsi madu itu baik bagi kesehatan.

Selesai sudah ulasan mengenai manfaat madu bagi kesehatan tubuh, lain waktu jika ada kesempatan akan saya tuliskan artikel mengenai Pro dan Kontra tentang khasiat madu untuk kesehatan. Mohon maaf untuk segala kekurangan artikel ini, semoga bermanfaat dan salam senyum. 

0 Response to "Manfaat Madu Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef